الشيخ أحمد الهجين حفظه الله




طريقتان لإتخاذ مسجد حقيقي في البيت للاعتكاف فيه🕌 Dua cara untuk membuat masjid haqiqi di rumah untuk i`tikaf في ظل هذا الوباء امتنع كثيرون عن المساجد وقلوبهم المعلقة بها تحترق عليها وتحن للجلوس فيها ونيل فضلها والاعتكاف فيها في هذه العشر الأواخر أو في بعض لياليها🌴 Mengingat epidemi ini, banyak yang abstain dari masjid-masjid, dan hati mereka rindu membakar pada masjid, berkeinginan duduk & i`tikaf di dalamnya pada sepuluh hari terakhir ini atau di beberapa malamnya. ولكن .. نقول لهم: أجركم وما نويتموه ابتداء مكتوب إن شاء الله تعالى، فقد قال النبي صلى الله عليه وآله وسلم: (إذا مرض العبد أو سافر كتب له ما كان يعمل صحيحا مقيما). Tapi .. Kami mengatakan kepada mereka: Pahalamu dan apa yang kamu niatkan sudah tertulis, insya Allah SWT. Nabi SAW bersabda: "Jika seorang hamba jatuh sakit atau bepergian, ia akan menulis pahala untuknya apa yang ia lakukan sebagai muqim yang sehat." ومع هذا فلهم طريقتان لإتخاذ مسجد في بيوتهم سواء كانت ملكا لهم أو كانوا مستأجرين لها💡 Namun, untuk mereka dua cara untuk membuat masjid di rumah mereka, baik rumah yang dimiliki ataupun rumah sewa. الطريقة الأولى: Metode pertama: هي ما ذكره فقهاء الشافعية من أن من سمر سجادة أو مفرشة أو بطانية أو غيرها في الأرض وثبتها ثم قال: نويت هذه مسجدا لله تعالى؛ فإنها تكون مسجدا يصح الاعتكاف فيها وتجري عليها أحكام المساجد من منع مكث الجنب والحائض فيها، وغير ذلك. Inilah yang disebutkan oleh para fuqaha madzhab asy-Syafi'i bahwa seseorang yang membentangkan sajaah, permadani, kasur, selimut, atau yang lainnya di tanah/lantai dan memaku/menempelnya, lalu berkata: "Aku meniatkan ini sebagai masjid demi Allah SWT"; Maka menjadi masjid yang sah beri'tikaaf di dalamnya dan semua ketentuan masjid diperlakukan; seperti dilarang duduk orang junub & perempuan menstruasi dan sebagainya. وتكون المفرشة هي المسجد دون الأرض التي تحتها. Dan permadani (yang dibentang) adalah masjid, tidak termasuk tanah/lantai di bawahnya. وله أن يزيل المسامير أو الدبابيس أو الشلك الذي ثبت به السجادة أو غيرها وينقل السجادة إلى أي مكان آخر. Ia boleh melepaskan paku, staples atau tongkat yang digunakan untuk menempelkan permadani atau paku dll, kemudian memindahkan permadani ke lokasi lain. ويجب التنبه أنه لا يجوز له بيعها ولا هبتها ولا منع أحد أراد أن يصلي فيها؛ لأنها بالوقف خرجت من ملكه وصارت ملكا لله تعالى. Perlu dicatat bahwa tidak diperbolehkan untuk menjualnya, menyumbangkannya, atau mencegah seseorang yang ingin shalat di dalamnya; karena itu wakaf, berpindah dari kepemilikannya dan telah menjadi milik Allah SWT. الطريقة الثانية: Metode kedua: هي أن يقلد مالك البيت مذهب المالكية في جواز الوقف المؤقت، فيوقف غرفة من بيته أو زاوية منه لمدة عشرة أيام مثلا، فيزول هذا الوقف بعد انتهاء هذه المدة. Pemilik rumah taqlid madzhab Maliki yang membolehkan waqaf sementara, jadi dia mewaqafkan sebuah kamar atau sudut dari rumahnya untuk jangka waktu sepuluh hari, misalnya, maka waqaf ini akan hilang setelah periode berakhir. وجواز الوقف المؤقت هو كذلك رواية عن أبي يوسف من الحنفية، وقول ابن سريج من الشافعية، وقول بعض الحنابلة. Izin wakaf sementara juga diriwayatkan dari Abu Yusef dari madzhab Hanafi, dan pendapat Ibn Surayj dari madzhab asy-Syafi'i, dan pendapat dari beberapa ulama madzhab Hanbali. إلا إنه إذا قلد المالكية في المسألة فعليه أن يلتزم ما يبطل الاعتكاف عندهم. Namun, jika ia meniru madzhab Maliki dalam masalah ini, ia harus mematuhi apa yang membatalkan i'tikaf di madzhab mereka. فعند الفقهاء جميعا يبطل الاعتكاف بالخروج من المسجد لغير الأكل والشرب والحمام، ويبطله الجماع والردة والجنون والحيض. Menurut semua fuqaha, i'tikaf batal dengan: - meninggalkan masjid selain untuk makan, minum dan mandi, - hubungan seksual, - kemurtadan, - kegilaan - menstruasi. إلا إن المالكية زادوا على ذلك: الغيبة والنميمة والكذب، فهذه تبطل الاعتكاف عندهم. Namun, ulama madzhab Maliki menambahkan (hal yang membatalkan): - fitnah, - gosip, - berbohong, karena semua hal ini membatalkan i`tikaf menurut mereka. وكذلك يبطله مجرد المباشرة بشهوة، والانزال بمجرد النظر أو التفكر. Membatalkan juga: - bersentuhan dengan nafsu, - keluar mani karena memandang sesuatu atau berpikir. فهاتان الطريقتان تكونان إن شاء الله نافعتين لمن هو في حجر في بيته في هذه العشر وأراد ألا يفوته الاعتكاف في المسجد.. Dua metode ini bermanfaat, insya Allah, bagi mereka yang berada dalam isolasi di rumahnya dalam sepuluh hari ini dan tidak ingin ketinggalan i'tikaf di masjid .. ومما سبق يتبين أنه لا حاجة لتخريج بعض المعاصرين جواز الاعتكاف في البيت بناء على ما نسبوه للمالكية من جواز الاعتكاف في مصلى البيت إذ لم نجده عندهم وإنما وجدنا اشتراط المسجدية مطلقا.. Dari hal tersebut di atas, jelas bahwa tidak perlu mengkritik sebagian ulama era ini yang membolehkan i'tikaf di rumah berdasarkan apa yang mereka nisbahkan pada madzhab Maliki yang membolehkan i'tikaf di tempat shalat di rumah, karena kita tidak menemukannya pada mereka, tetapi kita menemukan syarat masjid secara mutlak.. والله أعلم🌧 Allah a`lam.. --- Kiriman Syekh Ahmad al-Hajin, jum`at 15 Mei 2020. Diterjemahkan oleh Hilma Rosyida Ahmad.

(Feed generated with FetchRSS)

source https://www.facebook.com/1499687470298765_2566622623605239

0 Comment "الشيخ أحمد الهجين حفظه الله"

Post a comment

Thank you for your comments